Rabu, 13 Juli 2016

Tak Perlu Khawatir: Ini 7 Cara Menyelamatkan Masakan yang Keasinan



Selain gosong, keasinan juga jadi mimpi buruk untuk masakan para bunda. Masakan keasinan juga identik dengan mitos yang dipercayai di negeri kita yaitu yang masaknya udah kepengen kawin. Lah kalau yang masak udah punya anak 2 masa mau.. ah gak usah dilanjutin kayanya ya Bunds, haha.. Sebelum masakan keasinannya diterjunkan ke tong sampah, atau di uyel-uyel sambil ditangisi karena udah capek-capek bikinnya, tarik napas dulu dalam-dalam, dan coba beberapa tips untuk menyelamatkan masakan yang terlanjur keasinan di bawah ini. Satu hal yang sebelumnya perlu dicatat, tips-tips ini bergantung pada jenis masakan apa yang akan diselamatkan. Solusi untuk sambel yang keasinan pasti berbeda kan dengan dessert yang keasinan. Jadi gunakan common sense dalam penyelamatan masakannya ya Bunds.


1. Bilas
Untuk bahan masakan yang memungkinkan untuk dibilas, ini merupakan cara yang cukup efektif. Misalnya kalau Bunda memasak daging cukup lama tapi keasinan kuahnya, atau rebusan sayur dalam kuah yang keasinan, Bunda bisa coba membilas daging atau sayurnya dengan air dingin. Tiriskan air bilasannya, masakan bisa dimakan dengan asin yang sudah berkurang.

2. Pati dan Tepung
Jika masakan Bunda keasinan, coba tambahkan irisan kentang, nasi, ataupun sedikit tepung. Zat pati pada bahan-bahan ini bisa menyerap rasa asin dan bisa menyeimbangkan rasa dalam masakan Bunda.

3. Produk Susu
Bunda juga bisa menambahkan produk-produk olahan susu seperti yogurt plain, krim asam, atau whipping cream ke dalam masakan yang keasinan. Selain membantu mengurangi rasa asin, penambahan bahan-bahan ini juga bisa meningkatkan cita rasa masakan. Selain ditambahkan dalam panci atau wajan, Bunda juga bisa menambahkan 1 scoop kecil krim asam atau yogurt plain di setiap mangkok penyajiannya bila suka.

4. Gula
Masakan yang keasinan bisa dijinakkan dengan rasa manis dari gula. Bahan lain yang sama ampuhnya adalah madu. Tambahkan gula ataupun madu ke dalam masakan yang terlanjur keasinan. Pastikan jangan sampai kebanyakan gula ataupun madunya ya Bunds.

5. Encerkan
Untuk masakan yang berupa rebusan, sup, saos atau apapun yang bisa memungkinan untuk diencerkan, cara ini juga cukup ampuh. Coba tambahkan sedikit air, kaldu, saus tomat, ataupun jus ke dalam masakan. Penambahan ini menyebabkan terjadinya penambahan volume, sehingga rasa asin menyebar dan secara keseluruhan masakan akan berkurang keasinannya.

6. Perasan Lemon
Rasa asam dari jeruk lemon adalah salah satu trik menaklukkan masakan yang terlanjur asin. Perasaan jeruk yang lain juga bisa digunakan, tapi berbeda jeruk berbeda pula tingkat kegetiran dan kemanisannya.

7. Saos
Bunda bisa mencoba menambahkan saos ke dalam masakan yang keasinan. Misalnya, ayam panggang yang keasinan bisa diselamatkan dengan saos yang rada manis atau rasa lain yang soft yang bisa nge-blend dengan masakan utama. Cobalah tambahkan whipped cream atau saos strawberry untuk dessert yang keasinan.

Mudah-mudahan tips-tips di atas bisa membantu Bunda menyelamatkan masakan yang terlanjur keasinan. Karena keasinan tak selalu berarti kepengen kawin. :D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar