Jumat, 22 Juli 2016

Bersih-bersih Bersama Si Kuning Ajaib

Pembersih dapur tanpa menggunakan bahan kimia

Merupakan jenis buah yang memiliki zat antiseptik dan memiliki wangi yang segar, menjadikan Lemon isi dapur favorit dalam rumah tangga. Dan ternyata, selain untuk penambah nikmat makanan maupun minuman, lemon juga bisa jadi tentara bersih-bersih di dapur dan rumah Bunda lho!


1. Menghilangkan bau microwave

Isi panci atau mangkok tahan panas dengan air dan perasaan setengah buah lemon. Hidupkan microwave selama 5 menit. Bau tak sedap pun lenyap!

2. Membersihkan debu

Campurkan 10 tetes minyak lemon, 2 sdm perasan lemon, dan sedikit minyak zaitun. Masukkan ke dalam botol spray. Bersihkan permukaan yang berdebu dengan bantuan kain lap.

3. Membersihkan noda

Campurkan setengah cangkir perasan lemon untuk cucian pakaian putih. Jemur dah dijamin noda-noda hilang!

4. Mengilapkan kayu

Untuk kayu yang sudah difernis, campurkan beberapa tetes air lemon dengan setengah cangkir air hangat, masukkan ke dalam botol spray. Semprotkan ke furnitur dengan meggunakan lap kain lembut. Untuk kayu yang tidak difernis, campurkan 2 sdm lemon dengan 2 sdm minyak zaitun. Oleskan merata di atas permukaan yang akan dikilapkan dengan kain lap lembut.

5. Membersihkan kamar mandi

Bersihkan cermin kamar mandi ataupun dinding ruangan shower yang kotor karena sisa sabun dengan menuangkan perasan lemon ke atas spons. Gosok perlahan dan kaca di kamar mandi pun kinclong kembali.

6. Mengkilapkan

Ternyata lemon juga bisa untuk mengkilapkan benda-benda yang berbahan kuningan dan tembaga. Taburkan garam ke atas lemon yang sudah dipotong separuh kemudian gosokkan ke permukaan metal di rumah, kemudian bilas sampai bersih.

7. Membersihkan talenan

Karena tiap hari dipakai, pasti talenan di dapur, baik yang kayu maupun yang plastik jadi bau kan Bunds? Tenang.. cukup gosokkan  paruhan buah lemon ke atas permukaan talenan, jamin bau-bau tidak sedapnya kabur, hehe..

8. Menghilangkan bau amis di tangan

Setelah menyiangi ikan-ikanan ayam-ayaman atau daging-dagingan, hilangkan bau amis tangan kita dengan sedikit air lemon, lalu cuci bersih dengan sabun.

9. Menghilangkan bau tong sampah

Taburkan kulit lemon di dasar tong sampah dan ganti sebulan sekali untuk mengurangi bau sampah dan menyegarkan tong sampah kita.

10. Menghilangkan karat

Buat sendiri pasta penghilang karat Bunda: campur 1 sdm perasan lemon dengan 2 sdm garam.

11. Menyegarkan vacuum cleaner

Teteskan sedikit perasan lemon ke daam mesin vacum untuk menyegarkan aroma udara di sekitarnya.

12. Melawan Lemak

Tambahkan 1 sdt perasan lemon ke dalam campuran sabun cuci piring dan perangi lemak dengan lebih efektif!

Selamat bersih-bersih dengan si kuning ajaib ini ya Bunds!^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar