Selasa, 12 Juli 2016

6 Trik Mengempukkan Daging yang Paling Keras Sekalipun


Berbicara tentang memasak dan memakan daging pastilah bukan daging keras dan alot yang kita harapkan. Daging yang empuk dan lembut akan berasa lumer dengan balutan bumbu-bumbu, gak butuh perjuangan apalagi emosi untuk mengunyah, hehe. Dan nyatanya, untuk menghasilkan daging yang empuk, bukan berarti juga kita harus merendam daging dalam bumbu marinade sampai semalaman. 6 langkah mudah ini akan membuat Bunda bisa menyulap bahkan daging yang paling keras sekalipun jadi empuk dan lembut.

1. Pukul (aja)
Ternyata memukul daging dengan meat tenderizer cukup ampuh Bunds untuk melembutkan daging. Kekurangannya adalah kalau terlalu sadis mukulnya, daging Bunda malah bisa hancur seperti daging giling. Yah jelas kalau kita mau buat steak gak cocok ya. Sekarang ini sudah ada beberapa merk meat tenderizer yang dibuat dari ribuan jarum superkecil yang langsung menusuk-nusuk menembus serat daging. Jadi walaupun terlalu kuat pakai tenaganya gak bakalan hancur dagingnya, hehe. Contoh merk meat tenderizer ini adalah Kitchen Aid dan Jaccard.

2. Baluri dengan Asam
Zat asam dapat meresap melalui serat-serat daging. Contoh zat asam yang dimaksud di antaranya adalah perasan lemon atau jeruk nipis, cuka, buttermilk, ataupun yogurt dapat melembutkan protein daging yang keras. Kuncinya di sini adalah jangan kelamaan merendam daging dalam zat asam, karena akan melemahkan struktur protein daging itu sendiri sehingga daging jadi terlalu lembek. Batasan waktunya adalah 30 menit sampai paling lama 2 jam. Tapi tetap harus dicek secara berkala jangan sampai pinggiran daging mulai nampak berubah warna matang. Kalau sudah seperti itu berarti kita sudah kelewat lama me-marinade dagingnya.

3. Baluri dengan Enzim
Beberapa jenis buah seperti pepaya, nenas, kiwi, dan pir mengandung zat enzim yang dapat melembutkan daging. Caranya adalah blender buah yang akan kita pakai sampai jadi bubur, bisa ditambahkan dengan bumbu-bumbu favorit kita atau dibiarkan plain saja, dan rendam daging kita di dalamnya. Sama seperti tips sebelumnya merendam daging tidak boleh terlalu lama karena Bromelain, nama enzim dalam buah itu bersifat lumayan kuat.

4. Beri Garam
Baluri daging dengan garam yang banyak, lalu diamkan selama 1 sampai 2 jam juga bisa melembutkan serat-serat daging. Jika menggunakan cara ini hanya perlu menambah bumbu-bumbu pelengkap saja. Ketika daging sudah mau dimasak, bilas baluran garamnya dan tepuk-tepuk dengan paper towel sampai airnya kering. Daging siap terjun ke dalam wajan!

5. Potongan yang Benar
Ada beberapa teknik memotong daging yang ternyata bisa bikin daging menjadi empuk. Salah satunya yang disebut dengan isitilah scoring, yang artinya memotong daging dengan potongan dangkal, tidak sampai menembus daging, hanya sedikit di permukaannya saja. Cara ini bisa membantu meleraikan protein daging yang keras dan membantu daging menyerap bumbu marinade yang bisa membantu mengempukkan daging juga. Teknik potongan daging kedua yang bisa mengempukkan daging adalah mengiris tipis-tipis daging steak yang sudah masak. Cara ini dimaksudkan untuk menghancurkan struktur serat daging sehingga daging menjadi lebih mudah untuk dikunyah.

6. Masak dengan metode Slow Cooking
Memasak daging dengan api kecil dan dalam waktu yang lama juga bisa membuat daging menjadi empuk. Proses memasak ini mengakibatkan zat kolagen dan jaringan-jaringan serat daging menjadi hancur dan membuat daging menjadi lembut. Bunda bisa menggunakan panci Slow Cooker atau yang sering disebut Crock Pot. Kalau tidak punya bisa menggunakan teknik Braising ataupun Pan Roasting yang sudah pernah dibahas sebelumnya

Semoga 6 Trik ini bermanfaat bagi Bunda dalam mengolah daging yang empuk dan lembut. ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar