Senin, 11 Juli 2016

Bosan dengan Donat yang Biasa? Coba 7 Varian Resep Donat Ini!

Donat merupakan makanan favorit sepanjang masa. Selama perkembangannya donat sudah memiliki banyak varian rasa, bentuk dan pembuatan. Di artikel kali ini saya mau share 7 macam varian resep donat untuk menambah stok resep Bunda. Jadi gak bosen dengan donat yang melulu di ulen dan digoreng. 7 varian resep donat ini bisa disajikan untuk santap keluarga atau jadi bahan masukan untuk bisnis kecil-kecilan

1. Donat Tanpa Ulen

Donat jenis ini termasuk yang paling simpel untuk dibuat. Tidak perlu diuleni dan waktu pembuatannya pun relatif lebih cepat. Untuk proses pengadukannya gak usah pakai mixer, cukup pake whisker aja. Hasilnya lembuuut banget, bentuknya bulat-bulat dan bisa dibikin donat pop (ditusuk sama stik es krim atau cukup dibalurin gula tepung). Bahan dan cara pembuatannya bisa dilihat di sini ya Bunds.




2. Donat Brownies

Donat gak melulu warna kuning ya Bunds. Ada lho donat coklat alias donat brownies. Rasanya seperti brownies bakar, tapi karena bentuknya berupa donat, pastinya menambah ketertarikan untuk memakannya kan. Donat ini dimasak dengan cara dipanggan di oven. Pembuatannya juga gak susah, gak perlu pakai mikser, cukup dengan whisker aja. Untuk cetakan donatnya Bunda bisa pakai yang berbahan silikon supaya memudahkan untuk melepas donatnya biar gak hancur. Simak resep Donat Brownies nya di sini.

3. Donat Panggang (Baked Donut)

Donat panggang bisa jadi alternatif juga untuk yang gak suka goreng-gorengan. Tekstur donat ini berbeda dengan donat yang biasa, karena tidak menggunakan ragi dan tidak diulen. Sebernarnya donat ini adalah bentuk lain dari cake, yang dibentuk dalam cetakan donat. Kalau soal rasa, ya pasti enak lah. Legit dan lembut, dan lebih soft dari donat biasa. Simak resepnya di bawah ini. Pembuatan donat ini sebaiknya menggunakan mixer karena kita perlu memasukkan udara ke dalam kocokan telur supaya adonan mengembang dengan baik. Resep donat panggang selengkapnya di sini.

4. Donat Kentang

Resep donat kentang di sini tidak menggunakan kentang yang dihaluskan, melainkan menggunakan tepung kentang. Jadi tekstur donat ini tidak sepadat donat kentang biasa. Pastinya gak langsung bikin langsung kenyang selesai makan satu, alias masih mau nambah lagi, hihi. Resep donat kentangnya ada di bawah ini. Simak di sini yah.

5. Donat Ketan Hitam


Variasi donat yang tidak biasa nih, Bunds, pake tepung ketan hitam. Hasilnya akan seperti donat brownies, tapi citarasanya berbeda. Lebih padat dan lebih legit. Berikut resep donat tepung ketan hitam nya.



6. Soft Donut

Soft Donut ini hampir sama sebenarnya dengan donat biasa, hanya saja proses proofing atau proses fermentasinya sampai tiga tahap. Proses proofing dilakukan ketika adonan sudah kalis sebelum dibentuk, ketika adonan dibagi-bagi dengan ukuran sama rata dan dibulatkan, dan yang terakhir setelah adonan dilubangi dan membentuk donat sebelum digoreng. Proses proofing yang lebih banyak akan membuat tekstur donat semakin lembut dan halus, makanya disebut soft donut. Tapi ingat ya Bunds, setiap proses proofing tidak boleh kelamaan. Karena bisa menyebabkan adonan jadi overproofing. Maksudnya, adonan jadi terlalu lembek, rada asem dan terlalu berongga. Jadi ingat untuk terus memantau waktu proofing-nya yah.. Ini resep lengkap untuk soft donut.

7. Donat Dasar


Ini resep donat yang paling standar atau paling umum digunakan. Biasanya donat jenis ini juga yang paling sering dijual di luaran sana. Ini resep donat dasar yang yummy dan empuk.



Nah itu dia 7 varian resep donat yang dijamin gak bikin bosen. Selamat mencoba ya!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar