Sabtu, 16 Juli 2016

Membersihkan Panci Gosong dengan 4 Langkah Mudah


Panci atau wajan Bunda gosong? Kelupaan panci masih nangkring di atas kompor, tau-tau masakannya gosong plus pancinya juga. Kita semua pernah mengalami itu kok. Tapi gak perlu khawatir, daripada pancinya dibuang karena kelihatannya tidak bisa dipakai lagi, lebih baik coba 4 langkah mudah ini yang bisa menyelamatkan panci paling gosong sekalipun.


Yang akan Bunda butuhkan:
  • Cuka
  • Baking Soda
  • Air
  • Spon pencuci piring


Langkah Pertama

Isi panci atau wajan yang gosong dengan air. Jumlah air yang diisi bergantung pada kedalaman panci atau wajan dan bergantung pada tingkat kegosongannya. Level air yang diisi sebaiknya sama dengan posisi kegosongan panci dan cukup pas untuk diisi dengan cuka ataupun baking soda. Masukkan secangkir cuka ke dalam panci atau wajan, sesuaikan juga jumlahnya dengan kedalaman panci dan letak area yang gosong. Untuk panci yang lebih besar, gunakan cuka lebih banyak, begitu juga sebaliknya, untuk panci yang lebih kecil gunakan lebih sedikit.

Langkah Kedua

Taruh panci yang sudah berisi cuka di atas kompor, biarkan sampai mendidih. Tak berapa lama Bunda akan melihat perubahan pada noda gosongnya.

Langkah Ketiga

Angkat panci dan matikan kompor. Tambahkan 2 sampai 3 sendok makan baking soda ke dalam panci. Biarkan baking soda mendesis dan bekerja beberapa menit sebelum kita membuang airnya.

Langkah Keempat

Gosok panci dengan sisi spons yang kasar (biasanya berwarna hijau tua). Bunda mungkin perlu menggosok selama sekitar 30 sampai 45 detik, dan lihatlah noda gosongnya terlepas dengan mudah. Jika ada noda yang tebal dan agak membandel, taburkan baking soda ke atasnya dan gosok lagi sampai hilang. Jika semua noda sudah hilang, Bunda bisa mencuci sekali lagi dengan sabun cuci piring dan menggunakan sisi spon yang lembut. Bilas panci sampai bersih dan bekas sabunnya hilang. Panci Bunda akan terlihat baru lagi!

Semoga bermanfaat! ^^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar